BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
1.
Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan 5
a.
Membilang atau menghitung
secara urut
b.
Menyebutkan banyak benda
c.
Membandingkan dua kumpulan
benda
d.
Membaca dan menulis lambang
bilangan
1)
Membaca lambang bilangan
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2)
Menulis lambang bilangan
Contoh :
·
1 ikan diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
·
2 ayam diwarnai
Tulis lambang bilangan 2 dibukumu
e.
Mengurutkan sekelompok bilangan
dari terkecil atau terbesar
Contoh :
1.
Urutkan
bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar 5, 4, 6, 7, 2, 1, 9, 10,
3, 8.
Jawab : 1,
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
2.
Urutkan
bilangan berikut dari yang terbesar ke yang terkecil 5, 6, 7, 9, 8, 1, 2, 3, 4,
10
Jawab : 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4,
3, 2, 1
2.
Menjumlah dan mengurang bilangan
a.
Menyatakan masalah sehari-hari
yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
·
Satu pensil ditambah satu
pensil sama dengan dua pensil
1 + 1 = 2
·
Lima buku dikurangi empat buku sama dengan
satu buku
5 – 4 = 1
b.
Membaca dan menggunakan symbol
+, -, dan =
1.
Penjumlahan
a)
Menjumlahkan satu bilangan
dengan bilangan yang lain
·
Dua apel ditambah dua apel sama dengan empat apel
2
+ 2 = 4
b)
Mengenal sifat pertukaran pada
penjumlahan
·
Satu mangga ditambah dua mangga sama dengan tiga mangga
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c)
Menyelesaikan soal cerita
sederhana
Contoh :
Ani
mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil Ani sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil Ani sekarang 5
2.
pengurangan
a)
mengurangkan satu bilangan
dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
Contoh :
·
lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2
apel
5 – 3 = 2
b)
mengenal bilangan nol melalui
pengurangan
·
satu ikan dimakan satu ikan
sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c)
menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh :
abi memiliki
3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 =
2
Balon Abi yang tidak meletus adalah 2 balon
3.
penjumlahan dan pengurangan
a)
menjumlahkan dan mengurangi
dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b)
memecahkan masalah sehari-hari
dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
Yoga
mempunyai lima permen
permen
itu diberikan kepada Deni 2
berapa permen Yoga sekarang?
5 – 2 = 3
Permen Yoga sekarang 3
c)
mengingat penjumlahan dan
pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3.
Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
a.
Membilang atau menghitung
secara urut
b.
Menyebutkan banyak benda
c.
Membandingkan dua kumpulan
benda
d.
Membaca dan menulis lambang
bilangan
1)
Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kiri ke kanan.
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2)
Menulis lambang bilangan
e.
Mengurutkan sekelompok bilangan
dari terkecil ke terbesar
Contoh :
1.
Urutkan
bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar 1, 3, 4, 7, 6, 8, 10, 9,
2, 5.
Jawab : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7,
8, 9, 10
4.
Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
a.
Menyatakan masalah sehari-hari
yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
·
Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan
enam wortel
5 + 1 = 6
·
Enam kelereng dikurangi dua kelereng sama dengan empat kelereng
6 – 2 =4
b.
Membaca dan menggunakan symbol
+, - dan =
1.
penjumlahan
a)
menjumlah dua bilangan yang
sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan
dua buku
1 + 2 = 3 buku
b)
menjumlah dua bilangan yang
tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama
dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c)
menjumlah dua bilangan satu
angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7
jambu
2 + 5 = 7
d)
menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh :
ayam betina Rina 3
ajam jantan Rina 1
berapa jumlah ayam Rina?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam Rina adalah 4
2.
pengurangan
a)
mengurangkan satu bilangan dari
bilangan lain
contoh :
enam sawo dikurangi dua sawo sama
dengan empat sawo
6 – 2 = 4
b)
menentukan pasangan bilangan
yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
c)
menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh :
ibu mempunyai 8
telur, 3 telur pecah
Berapa telur ibu
sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur ibu sekarang
adalah 5 telur
c.
Mengingat penjumlahan dan
pengurangan
Contoh :
6 + 2 = 8
8 – 2 = 4
10 – 7 = 3
d.
Menggunakan sifat operasi
hitung pertukaran dan pengelompokan
1.
sifat pertukaran
contoh :
3 + 5 = 8
5 + 3 = 8
Catatan : penjumlahan memiliki sifat
pertukaran dan pengurangan tidak memiliki sifat pertukaran
2.
sifat pengelompokan
contoh :
(3 + 2) + 1 = 6
3 + (2 + 1) = 6
Pengerjaan dalam kurung dilakukan lebih dahulu
e.
Memecahkan masalah sehari-hari dengan
penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Ayam Dias 2
Ibunya membelikan lagi 7
Kemudian ayahnya membelikan lagi 3
Berapa jumlah ayam Dias sekarang ?
2 + 7 +
3 = 11
Ayam rahma sekarang adalah 11
Satuan Pengukuran
Mengenal satuan waktu.
a. Mengenal konsep waktu.
·
Contoh :


b. Contoh kegiatan yang
sebentar atau yang lama.
·
Misalnya :


Jadi untuk pergi ke sekolah memerlukan waktu sebentar,
dan untuk pergi ke kota
memerlukan waktu lama
c. Mengingat pengurutan
nama-nama hari.
1.
Menyebut nama-nama hari secara
berurutan.
Mari kita pelajari
dan kita ingat urutan nama-nama hari
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
2.
Mengenal hubungan hari dengan
minggu.
·
7 hari = 1 minggu.
·
1 minggu = 7 hari.
d. Membaca tanda waktu.
1.
Bercerita tentang kegiatan
sehari-hari.
·
Contoh :



e. Menyatakan lama waktu
suatu kegiatan dalam satuan jam.
·
Contoh :
Sebuah bus berangkat dari kota
A pukul 06.00 dan tiba di kota
B pukul 09.00
Berapa jam lama perjalanan bus itu ?
Jawab : lama perjalanan 9-6 = 3 jam
OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI DENGAN 20
1.
Menghitung dan mengurutkan banyak benda
a.
Membilang atau menghitung
secara urut
b. Menyebutkan banyak benda
Contoh :
1 ikatan lidi ditambah 1 ikatan lidi sama dengan 2 ikatan lidi
Satu ikatan lidi sama dengan 10 lidi jadi 10 + 10 = 20
c.
Membaca dan menulis lambang
bilangan
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
| 5 |
Cara membaca
|
satu
|
dua
|
tiga
|
empat
|
lima
|
Lambang bilangan
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Cara membaca
|
enam
|
tujuh
|
delapan
|
sembilan
|
sepuluh
|
Lambang bilangan
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Cara membaca
|
sebelas
|
Dua belas
|
Tiga belas
|
Empat belas
|
Limabelas
|
Lambang bilangan
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
Cara membaca
|
Enam belas
|
Tujuh belas
|
Delapan belas
|
Sembilan belas
|
duapuluh
|
- membaca lambang bilangan
- menulis lambang bilangan
Contoh :
Lambang bilangan dari sebelas adalah 11
Lambang bilangan dari empat belas adalah 14
d. Mengurutkan sekelompok bilangan
Contoh :
Urutkan enam kartu bilangan dari terkecil enam
Jawab :
6 7 8 9 10 11
2.
Menjumlah dan mengurang bilangan
a.
Menyatakan masalah sehari-hari
yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Didalam tas Erni ada 7 pensil
Erni memasukkan lagi 5 pensil
Coba berapa pensil didalam tas Erni sekarang?
Jawab :
7 + 5 = 12
Jadi pensil didalam tas Erni sekarang ada 12
b.
Membaca dan menggunakan symbol
+, - dan =
1)
Menjumlahkan dua bilangan satu
angka
Contoh :
10 + 2 = 12
20 + 3 = 23
2)
Menjumlahkan tiga bilangan satu
angka secara berurutan
a)
Hasil sampai dengan 10
Contoh :
3 + 4 + 1 = 7 + 1 = 8
4 + 3 + 2 = 7 + 2 = 9
b)
Hasil sampai dengan 20
Contoh :
4 + 5 + 6 = 9 + 6 = 15
9 + 8 + 4 =17 + 4 = 21
3)
Mengurangkan bilangan satu
angka dari bilangan dua angka
Perhatikan contoh berikut
Contoh :
15 – 9 = 6
18 – 9 = 9
c.
Mengingat penjumlahan dan
pengurangan
Contoh :
10 + 2 = 12
9 – 2 = 7
d.
Menggunakan sifat operasi hitung
pertukaran dan pengelompokan
1)
Sifat pertukaran
3 + 9 = 12
9 + 3 = 12
2)
Sifat pengelompokan
3 + 4 + 6 = (3 + 4) + 6
= 7 + 6
= 13
11 + 4 + 5 = (11+4) + 5
= 15 + 5
= 20
CATATAN : pengerjaan dalam tanda kurung didahulukan
No comments:
Post a Comment